artikel biologi

Arwana Asia (Scleropages formosus), adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Spesies ini termasuk jenis spesies langka yang masuk red list IUCN tahun 2004.Arwana Asia

Bangkong serasah (leptobrachium hasseltii) adalah sejenis kodok dari suku Megophryidae. Bangkong ini bertubuh sedang, antara 50-70 mm. Jantannya umumnya lebih kecil daripada yang betina. Gendut pendek dengan kepala bulat dan besar, lebih besar daripada tubuhnya; mata besar dan melotot. Bangkong ini hanya didapati di hutan, kebanyakan di pegunungan, terutama di tempat yang tidak jauh dari sungai. Aktif di malam hari (nokturnal), bangkong serasah tidur di siang hari atau bersembunyi di balik serasah hutan. Dengan kaki yang pendek, kodok ini melompat pendek-pendek dan sering pula merayap perlahan-lahan di kayu atau batu dengan tubuh diangkat.

Kamuflase adalah suatu metode penyamaran atau tipuan yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh yang paling terkenal adalah hewan bunglon yang mampu merubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya. Metode ini disebut dengan mimikri. Hewan-hewan lainnya biasanya tidak melakukan kamuflase secara aktif seperti bunglon, melainkan secara pasif, yaitu sejak lahirnya tubuh mereka telah secara alami terkamuflase dengan habitat mereka. Contoh serangga yang demikian adalah belalang, kupu-kupu, dan serangga daun (tampak gambar Phyllium bioculatum, Serangga daun Jawa).

Dalam militer, teknik kamuflase memiliki konsep yang sama, yaitu untuk menyamarkan seseorang, seperti seragam tempur tentara modern yang bermotif loreng untuk peperangan di hutan atau bewarnya coklat tanah untuk peperangan di padang pasir.

Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun yang tergabung dalam genus Pterois, Parapterois, Brachypterois, Ebosia atau Dendrochirus dari keluarga Scorpaenidae. Lepu merupakan spesies predator dan dikenal karena durinya yang panjang dan memiliki warna merah, coklat, oranye, kuning, hitam atau putih berselang-seling.

Perburuan paus adalah kegiatan perburuan ikan paus yang sejarahnya sudah ada sejak tahun 6.000 SM. Perburuan paus telah berakibat kepada sedikitnya 5 dari 13 spesies paus raksasa berada dalam daftar spesies yang terancam. Kegiatan perburuan ikan paus secara internasional diatur oleh Komisi Perburuan Paus Internasional (International Whaling Commission). IWC dibentuk untuk mengatur agar tidak ada perburuan paus secara berlebihan.

Burung Hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antarktika, sebagian besar Tanah Hijau, dan beberapa pulau-pulau terpencil. Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut.

Jerapah (Giraffa camelopardalis) adalah mamalia yang merupakan hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan. Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi, tetapi dimasukkan dalam suku berbeda, yaitu Giraffidae, yang terdiri dari jerapah dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitatnya membentang dari Chad sampai dengan Afrika Selatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: